Kenali 8 Penyebab Rambut Rontok pada Wanita

penyebab rambut rontok

Rambut rontok merupakan momok untuk banyak orang, tidak terkecuali pria maupun wanita. Meskipun setiap harinya rambut yang rontok akan digantikan dengan rambut yang baru, namun rambut rontok secara berlebihan tentu akan membuat khawatir. Normalnya setiap hari rambut bisa mengalami kerontokan sekitar 50 sampai dengan 100 helai, jika melebihi dari itu kamu perlu waspada, bisa saja merupakan gejala awal suatu penyakit.

Nah, berikut beberapa penyebab rambut rontok yang perlu kamu ketahui

1.      Stres

Penyebab rambut rontok yang paling umum pertama adalah stres. Di dalam dunia medis masalah kerontokan rambut akibat perubahan emosi yang memunculkan stres ini disebut dengan telogen effluvium. Orang yang mengalaminya baru bisa menyadari dampak rambut rontok biasanya dalam tenggang waktu enam minggu sampai dengan tiga bulan.

Siklus hidup rambut umumnya memiliki tiga fase penting, yaitu masa pertumbuhan, masa istirahat, dan masa rontok. Stres berat bisa sangat mengganggu siklus rambut, sehingga cepat membuat masa rontok rambut datang.

2.      Kekurangan protein

Ternyata kekurangan protein juga menjadi penyebab rambut rontok. Protein adalah zat pembangun utama tubuh, termasuk sel rambut. Sebab itulah asupan protein yang terlalu rendah akan memperlambat pertumbuhan rambut kamu. Biasanya kerontokan rambut yang dialami akibat kekurangan protein terjadi pada orang-orang yang sedang menjalani diet rendah protein.

3.      Anemia

Anemia merupakan salah satu penyumbang terbesar penyebab rambut rontok pada wanita. Sebab anemia sering dialami oleh wanita berusia 20-49 tahun yang masih mengalami menstruasi hebat atau wanita yang kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi akan berpengaruh besar pada kesehatan fisik dan rambut kamu. Zat besi yang dibutuhkan oleh wanita produktif adalah sekitar 18 miligram, sedangkan pada wanita yang sudah menopause berkurang menjadi 8 miligram saja setiap harinya. Akan berpengaruh jika zat besi yang masuk ke tubuhmu tidak sesuai dengan kebutuhan. Tubuh yang tidak tercukupi asupan zat besinya akan sulit membawa oksigen ke sel-sel tubuh lewat darah termasuk ke folikel rambut. Hal tersebut akan membuat rambut mudah mengalami kerontokan.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok

4.      Kulit kepala tidak sehat

Salah satu penyebab kerontokan rambut adalah kulit kepala yang tidak sehat. Kulit kepala yang tidak sehat biasanya ditandai dengan banyaknya ketombe, kulit kering dan mengelupas (dermatitis seboroik), kelainan kulit kronis (psoriasis). Kelainan-kelainan tersebut biasanya terjadi saat kamu tidak menjaga kesehatan dan kebersihan kulitmu. Hal ini adalah salah satu penyebab rambut rontok berlebihan, apalagi jika kamu mengabaikan kerontokan rambutmu mulai dari jumlah yang sedikit. Jadi, mulailah menjaga kesehatan dan kebersihan kulitmu.

5.      Keturunan

Meskipun terdengar aneh, ternyata salah satu penyumbang kerontokan rambut yang paling sering terjadi adalah faktor keturunan. Gen kerontokan rambut bisa menurun dari orang tua ke anaknya. Biasanya pada kasus ini yang terjadi adalah folikel rambut yang mengecil sampai tidak tumbuh sama sekali, sehingga setiap mengalami kerontokan rambut tidak digantikan dengan rambut yang baru.

6.      Trichotillomania

Trichotillomania adalah salah satu penyebab rambut rontok akibat adanya gangguan medis. Gejalanya adalah gangguan kontrol impuls yang berakibat seseorang secara terus menerus dan tanpa sadar (implusif) mencabuti rambutnya. Kondisi ini tentu saja akan mengiritasi kulit kepala dan merontokkan perlindungan alami rambut sehingga akan mengakibatkan kebotakan di area yang dicabuti tersebut.

7.      Hipotiroidisme

Hipotiroidisme atau gangguan kelenjar tiroid adalah kondisi saat kelenjar tiroid tidak bekerja secara optimal untuk memproduksi hormon yang terkait dengan metabolisme. Gangguan ini biasanya ditemui pada wanita berusia 50-an dan ditandai dengan gejala lain seperti kenaikan berat badan secara drastis, kelelahan, sembelit, depresi, dan sulit berkonsentrasi.

penyebab rambut rontok

8.      Penyakit Lupus

Lupus merupakan salah satu penyakit yang ditandai dengan kerontokan rambut pada salah satu bagian tertentu, misalnya bagian kecil di kulit kepala (pitak), alis, dan bulu kaki. Penyakit lupus menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan sehat sehingga membuat penderitanya juga mengalami gejala lain, seperti kelelahan berlebih, sariawan yang lama, sakit kepala mencengkram, dan persendian bengkak dan sakit. Lupus paling sering menyerang ibu hamil, namun tidak menutup kemungkinan wanita usia produktif bisa mengalaminya.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok